Ketua SPMI Sumut Apresiasi Acara Harlah Pancasila PEMA UMA 2023

422

Medan, trieknews.com Penyelenggaraan Dialog Publik dan Seminar dengan tema “Eksistensi Pancasila di tengah era global dalam kehidupan sehari-hari” di Kampus 1 Universitas Medan Area Jalan Kolam Medan Estate berlangsung dengan meriah dan sukses. Acara yang digelar, Kamis (08/06/2023) ini berkaitan dengan memperingati Hari Lahirnya Pancasila pada 1 Juni 2023 yang sudah ditetapkan Pemerintah Republik Indonesia yang diperingati pada setiap tahunnya.

Dipandu Host yang cukup berpengalaman Khairunnisa Lubis, S.Sos.,M.Ipol, Dialog Publik memperingati hari lahir Pancasila menghadirkan 4 orang Narasumber yang berpengalaman di bidangnya seperti : Dr. Rizkan Zulyadi, SH.,MH. selaku Wakil Rektor Bid. Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni UMA, Dr. Rudi Salam Sinaga, S.Sos.,M.Si Dosen Fakultas IISIPOL UMA, Drs. Bahrum Jamil, M.AP selaku Dosen Fakultas ISIPOL UMA dan Rosen Jaya Sinaga, SS yang merupakan Ketua DPW Serikat Praktisi Media Indonesia (SPMI) – Sumut. Seorang Jurnalis dan pegiat sosial.

“Pancasila merupakan ideologi bangsa yang menjadi pemersatu dan perekat anak bangsa, Nilai-nilai Pancasila bukan sekedar kata namun harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dimanapun kita berada”
“Sikap dan tindakan yang meruntuhkan Pancasila bukan sekedar dari budaya asing dan Narkoba tapi dari sikap kita terhadap orang lain yang berbeda suku, berbeda agama dan berbeda golongan, mampukah kita hidup berdampingan dengan serasi dan harmonis?
Demikian narasi dialog yang disampaikan Narasumber Rosen Jaya Sinaga, SS seraya mengapresiasi pada pihak PEMA UMA yang telah menyelenggarakan acara ini.

” Saya mengapresiasi adik-adik mahasiswa atas terselenggaranya acara ini, ini acara yang cukup baik dan positip  untuk kita semua terutama generasi penerus bangsa,” imbuhnya.

Gelaran Dialog Publik Hari Lahir Pancasila ini ternyata mendapat antusias yang sangat luar biasa dari para peserta yang hadir dari kalangan anak-anak SMA/SMU yang secara khusus di undang, dari pihak Yayasan SLTA dan para guru yang berada di sekitar Kota Medan dan Kab. Deli Serdang , Perwakilan masyarakat, akademisi dan Ormas Kepemudaan. Ini terbukti saat diadakan sessions tanya jawab. Hal ini pula yang menjadi kesempatan bagi para Mahasiswa mengeluarkan uneg-unegnya tentang proses perkuliahan di UMA.

Kemasan acara yang ditata begitu tapi dengan banyak kegiatan memberikan pesona hiburan tersendiri seperti Parade Marching Band, Atraksi Bela Diri, Music Performance, Seminar dan Fashion Show. dan yang uniknya ada stand aneka Jajanan makanan dan minuman mulai dari yang Tradisional sampai Internasional, Amerika, Jepang, Korea Selatan dan Italia dapat ditemukan di acara ini.

“Kita patut bersyukur dan ada rasa bangga acara ini terselenggara dengan baik, rasa puas itu ada dan capek itu terobati” saat awak media bertemu Dr. Rudi selaku Dosen di FISIP UMA yang merupakan inisiator acara ini.
“Artinya para Mahasiswa dalam bekerja sama dan sama bekerja itu sudah menerapkan nilai-nilai Pancasila.”
“Terima kasih untuk Panitia Pelaksana dan pihak-pihak yang telah mendukung acara ini hingga terlaksana dengan baik” pungkasnya.(Ril)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini