Dalam Rangka Raicab VIII Kota Medan, Universitas Medan Area Lintas Prodi Gelar PKM di Taman Cadika

163

Medan, trieknews.com-Dalam rangka kegiatan Raimuna Cabang (Raicab) VIII Kota Medan, Universitas Medan Area (UMA) lintas prodi melakukan pengabdian kepada masyarakat (PKM) pada peserta pramuka di Taman Cadika, Jalan Karya Wisata No. 6 Medan Johor, Sumatera Utara, pada hari Rabu-Sabtu, tanggal 21-24 Juni 2023, pukul 14.00 – 18.00 Wib.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan oleh 9 tim yang berjumlah  27 dosen, yang terdiri dari 16 dosen Fakultas Psikologi, 6 dosen Fakultas Agama Islam, 1 dosen Fakultas Teknik, 2 dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 1 dosen Fakultas Saintek dan 1 dosen Magister Hukum. Selain itu juga, ada 8 mahasiswa fakultas psikologi yang terlibat dalam kegiatan ini. Adapaun jumlah peserta pada kegiatan ini adalah 722 orang yang terdiri dari Kwartir Ranting sebanyak 15 orang, Perguruan Tinggi sebanyak 4 orang, peserta putra sebanyak 338 orang, peserta putri sebanyak 384 orang, pimpinan Kontigen sebanyak 38 orang, dan Pembina Pendamping sebanyak 29 orang.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Kwartir Cabang Kota Medan Bapak H. Muhammad Husni, SE, M.Si. dan didampingi oleh pengurus kwartir cabang dan panitia pelaksana. Dekan Fakultas Psikologi Bapak Prof. Hasanuddin, Ph.D sangat mendukung kegiatan ini, Ibu Laili Alfita, S.Psi, MM, M.Psi, Psikolog sebagai Wakil Dekan I Bidang Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian yang turut hadir dalam kegiatan, menyampaikan motivasi kepada peserta kegiatan, selain itu Koordinator Kegiatan yaitu Bapak Dr. Syafrizaldi, S.Psi., M.Psi memberikan kata sambutan dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia kegiatan Raimuna Cabang VIII Kota Medan Tahun 2023 dan para peserta atas atensinya. Bapak Dr. Syafrizaldi, S.Psi, M.Psi menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan PKM kepada para peserta di lokasi kegiatan dengan tema Memilih Jurusan / Kampus dan Memasuki Dunia Kerja.

Kegiatan ini dirangkai dengan metode ceramah, Discovery Learning, Problem Based Learning, kemudian games diselingi diskusi untuk melihat seberapa besar pengetahuan, minat para peserta untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Bagi yang sudah menduduki bangku perkuliahan, dilakukan diskusi untuk persiapan memasuki dunia kerja.  Adapun materi dalam kegiatan ini adalah Tim 1: Coping Stress Dalam Memilih Jurusan dan Menghadapi Kerja, TIM 2: Life In Campus: Transisi Remaja Dari Sekolah Ke Universitas, TIM 3: Memahami Potensi Diri Menuju Gerbang Perguruan Tinggi, TIM 4: Membangun Mental Juara Melalui Pelatihan Time Management, TIM 5: Manajemen Stress Agar Menjadi Individu Tangguh Dalam Memasuki Dunia Perkuliahan/Dunia Pekerjaan, Tim 6: Self Leadership Dalam Pengembangan Diri, Tim 7: Kenali Diri, Lejitkan Prestasi, Tim 8: Mengembangkan Ketrampilan Bermedia Digital Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pelajar Pramuka Menuju Indonesia Emas dan Tim 9: Kiat-kiat Sukses Menuju Karir Yang Gemilang.

Sementara itu Ketua Kwartir Cabang Kota Medan Bapak H. Muhammad Husni, SE, M.Si sangat senang dengan adanya kegiatan ini dan berharap untuk ke depannya agar dapat bekerjasama dengan UMA dalam mencerdaskan dan memberi motivasi kepada para peserta dan juga kepada seluruh pengelola gerakan pramuka sehingga dapat mengembangkan potensi para peserta.

Pada akhir kegiatan, panitia yang diwakili oleh Kak Islah Rangkuti sebagai Ketua Sangga Kerja Raicab dan Kak Olivia  menyampaikan ucapan terima kasih yang tidak terhingga kepada tim dari Universitas Medan Area dan berharap agar dapat di jadwalkan kembali kegiatan positif ini pada kegiatan Kwarda maupun Kwarran mendatang.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di tutup oleh koordinator kegiatan dosen fakultas psikologi UMA dan di akhiri dengan pemberian plakat penghargaan di susul dengan sesi foto.(RS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini