Pemko Langsa Peringati Nuzulul Qur’an Ramadhan 1444 H

133

Langsa, trieknews.com– Pemerintah kota Langsa peringati Nuzulul Qur’an ramadhan 1444 H dengan menghadirkan penceramah Ustadz Arif Habibi Batubara S.Pd.I atau sapaan akrab UAS KW Medan Sumatera Utara (Sumut).

Peringatan Nuzulul Qur’an dilaksanakan tepatnya pada malam ketujuh belas ramadhan, di masjid agung Darul Fallah Kota Langsa, Jum’at (7/4/2023), ba’da shalat tarawih.

Pj Walikota Langsa Ir Said Mahdum Majid dalam sambutannya mengatakan malam Nuzulul Quran Tahun 1444 H, malam yang sangat istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Nuzulul Qur’an merupakan momen yang sangat berarti dalam sejarah Islam di mana dapat mengenang turunnya wahyu pertama dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW yang dimulai dari Gua Hira.

“Malam Nuzulul Qur’an menjadi momentum yang tepat bagi kita untuk merenungkan kembali betapa mulianya Al-Qur’an sebagai pedoman hidup bagi umat manusia,” katanya.

Dijelaskan Said, Al-Qur’an merupakan kitab suci yang penuh dengan hikmah, petunjuk, dan rahmat dari Allah SWT. Ia menjadi sumber inspirasi bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan menghadapi tantangan zaman modern ini.

Mengutip salah satu firman Allah SWT dalam surah Al Isra ayat 9. Pj Walikota, menjelaskan, Sungguh Al-Qur’an ini memberi petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan kebajikan bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar.

Ia pun mengajak seluruh jamaah yang hadir untuk implementasikan pesan-pesan kebijaksanaan, kasih sayang, toleransi, dan keadilan yang terkandung dalam Al-Qur’an harus menjadi pegangan kita dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.

“Mari kita manfaatkan momentum Nuzulul Qur’an ini untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan kita terhadap Al-Qur’an. Kita harus memperdalam ilmu agama dan mengamalkan ajaran-ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari kita,” ujarnya.

Dikatakan, Al-Qur’an bukan hanya untuk dibaca tetapi juga untuk dipahami, diamalkan dan menjadi pedoman dalam bertindak intinya semua setiap tindakan hendaknya merupakan cermin dari Al-Qur’an.

“Marilah kita menjadikan Nuzulul Qur’an sebagai inspirasi dan motivasi untuk menjadi umat yang lebih baik, memahami dan mengamalkan ajaran Al-Qur’an dalam setiap aspek kehidupan kita. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayah, rahmat, dan berkah-Nya kepada kita semua,” tutup Pj Walikota.

Peringatan Nuzulul Qur’an turut dihadiri Dandim 0104/Aceh Timur, Letkol Inf. Agus Al Fauzi, S.I.P., M.I.Pol, Plt Sekda kota Langsa Muhammad Darfian, Wakapolres Langsa, Kompol M. Ichsan, SH, para kepala OPD, toko ulama, dan pegawai di lingkungan Pemko Langsa serta masyarakat Kota Langsa.(Iwan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini